Kamis, 17 April 2008

Pantang Lulus 4 Tahun

saat kita SMA, kita pasti berangan angan untuk melanjutkan kuliah... setelah lulus mau Kuliah di universitas mana?? suatu pertanyaan yang akan terlontar dari banyak pihak... baik teman, tetangga, saudar maupun orang tua...... bagi kita mau masuk kuliah sangatlah susah berbagi jalur seleksi dilalui dari UM (Ujian Masuk), ikut daftar PSSB/ PMDK (ya klo erprestasi bisa ikut) dan gak ketinggalanpasti ikut SPMB yang banyak di ikuti oleh banyak calon mahasiswa..., maklum universitas negri banyak peminatnya.... apalagi universitas Favorit klo gak pinter kita gak bakalan bisa masuk....!!!!!!!!!!!!!!!!............... setelah lolos seleksi pun ada aja masalah terutama masalah biaya kuliah yang semakin melangit dan hanya orang-orang kaya saja yang mampu membiayai anak-anaknya untuk kuliah...
setelah diterima jangan dipikir klo menjadi mahasiswa itu mudah.... dan jangan dibandingin dengan mahasiswa di cerita Sinetron yang sering dilihat... nikmat, klo mahasiswa disinetron tanpa beban (bebannya cuman cewek lawan mainnya aja...!!!!!!)... kenyataanya mahasiswa sangat berat... setiap hari ada tugas ada praktikum yang setiap habis praktikum selalu ada laporan...... hampir tiap malam tidak bisa tidur dan harus ngerjain laporan weleh...weleh...weleh.... apalagi sekarang banyak perubahan kurikulum yang memaksa dan mau tidak mau mahasiswa harus mengikuti perubahan yang terjadi.
klo dibandingkan dengan zaman dulu mahasiswa lulus lama sudah menjadi hal yang biasa tapi di era sekarang mahasiswa memang harus dituntut untuk cepat lulus.... maklum persaingan dunia kerja semakin ramai coy..... selain itu biaya pendidikan semakin mahal yang menjadi faktor untuk cepat lulus... sekarang lulus empat tahun sudah menjadi hal yang biasa atau dikatakan normal..... tapi klo lulus lebih dari empat tahun itu yang luar biasa.... untuk lulus lama atau cepat itu adalah pilihan..... sekarang mau pilih yang mana....????? yang cepat ok....!!!! yang lama juga Ok...!!!! tapi semuanya ada konsekuensinya......!!!! ada banyak yang lulus cepat karena faktor-faktor yang atas tadi tapi juga lulus cepat karena dia pinter dan jenius diangkatanya.... dan selama menjadi mahasiswa hanya belajar terus ...................!!!! tanpa ikut kegiatan apapun jadi hanya tau kos kantin dan kampus aja. tapi lebih hebat lagi mahasiswa yang ikut banyak kegiatan tapi juga bisa lulus cepat, selain prestasi akademik juga mempunyai banyak pengalaman. bahkan banyak juga mahasiswa yang lulus lama lebih dari 4 tahun untuk mencari lebih banyak pengalaman dengan banyak ikut kegiatan..... weleh.. weleh...weleh.... !!!!!!! sampai-sampai mahasiswa ini terkadang harus diingatkan sama jurusan atau fakultas masing-masing untuk segera mengerjakan skripsinya.... karena sekarang ini banyak universitas yang membatasi masa studinya... klo ngak selesai masa studinya ya harus di DO, berat sekali coy..............!!!!
mahasiswa yang lulus lebih dari 4 tahun atau lulus lama bukan berarti gak pinter, semuanya merupakan pilihan masing - masing monggo mau pilih lulus cepat atau lama atau alon-alon asal kelakon yang penting terlaksana.....!!!!!!

Tidak ada komentar: